Ad Code

Masuk Geografi???



Geografi, yah memang bukanlah jurusan yang banyak di minati atau di tekuni oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, bahkan jurusan ini termasuk langka di kampus-kampus di negara kita. "Banyak kok jurusan geografi di Indonesia", yah emang banyak sih tapi itu yang pendidikan yang di bahas di sini ilmu geografi atau geografi murni hehe. Di Indonesia sendiri kampus-kampus yang membuka jurusan ini antara lain: UGM (Universitas Gadjah Mada) UI (Universitas Indonesia) UNP (Universitas Negeri Padang) UNNES (Universitas Negeri Semarang) UM (Universitas Negeri Malang) dan UMS (lupa kepanjangannya) hehe. Jurusan satu ini terlalu aneh, kenapa? karena ada yang masuk FMIPA (fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam) FIS (fakultas ilmu sosial) atau bahkan punya fakultas sendiri seperti di UGM dengan Fakultas Geografinya, mungkin suatu saat bisa masuk fakultas teknik atau fakultas ekonomi haha. Hal tersebut yang kadang-kadang membuat calon maba (mahasiswa baru) bingun "dulu pas di SMA masuk IPS tapi kok waktu kuliah masuk IPA?", setelah jadi mahasiswa baru deh tambah pusing "fakultas ilmu sosial kok main lab, bahan kimia, pengukuran, banyak itung-itungannya pula?" silahkan berpusing-pusing ria sejenak haha.
            Kenalan dulu deh, saya mahasiswa jurusan akuntansi, haha geografi lah di UM (Universitas Negeri Malang). Di Kampus saya jurusan geografi masuk fakultas yang masih baru yaitu FIS (Fakultas Ilmu Sosial) walaupun dulu masuk FMIPA, (denger-denger di pindah fakultas karena tanpa geografi fakultas ini gak mampu berdiri haha). Jurusan atau lebih khususnya prodi geografi karena ada prodi lain yaitu pendidikan geografi. Di UM prodi geografi baru di buka pada tahun 2012. Walaupun masih muda, kata beberapa dosen prodi geografi memberikan perkembangan ilmu geografi yang sangat baik di kampus ini hehe, dan ada satu hal lagi yang keren karena disini geografi di bagi menjadi dua prodi yaitu pendidikan dan ilmu murni, maka anak murni kalian bisa agak unjuk taring sama anak sebelah (baca anak pendidikan) haha, jangan men ya *piece*. Saya sebenarnya sebelum masuk geografi UM udah kuliah di kampus luar negeri (swasta maksudnya hehe) tapi karena ada temen kuliah yang ngajak nyoba ikut SBMPTN akhirnya ikut. Awalnya iseng-iseng cuman pengen ngerasaain gimana ujian SBMPTN itu, tapi akhirnya 1 bulan sebelum ujian malah giat belajar buat ujian hehe. Geografi sendiri merupakan pilihan ketiga dan itupun milihnya ngawur, eh malah masuk. Sempat gak percaya sih pilihan ketiga bisa masuk tapi kenyataan berkata lain haha. Eits tapi bukan berarti geografi jurusan buangan loh, karena saya sendiri gak lolos pada jurusan pertama mungkin karena jelek pada ujian ketrampilannya, sementara untuk pilihan kedua ujian ketrampilannya gak saya ikuti. Walaupun juga banyak yang bilang di kampus-kampus lain geografi juga sering di jadikan pilihan kedua bagi camaba, jadi kesimpulannya gimana yaaaaa,,,,,,,,,,,. Gak usah berkecil hati geografi tetap bisa keren dan eksis di kampus kalian, bahkan bisa buat famer-famer hehe. Dan akhirnya saya meninggalkan kampus lama saya dan hinggap di geografi UM.
            Di awal-awal kuliah sebenarnya saya merasa cukup bego' maklumlah 1 tahun udah gak pernah belajar geografi sementara teman-teman yang lain masih fresh haha. Semester pertama saya langsung jatuh cinta dengan Bu Dekan haha "bercanda men, tapi serius bercandanya :v", geomorfologi dan geologi langsung mentok di hati, dibimbing Pak Sudarno yang sangat kebapak-bapak'an, sabar, dan sedikit mario teguh wkk, dan Bu Ferra dosen berhijab yang masih muda dan gaul dengan seribu pengalamannya membuat saya semakin bersemangat dan akhirnya nilai saya bisa bersaing dengan yang masih fresh haha. Awal masuk geografi sebenarnya saya agak bingung karena ada mata kuliah geografi sosial, "jurusan apa sih ini?" (dalam hati), walaupun ada mata kuliah kependudukan dan tenaga kerja tapi mata kuliah tersebut gak buat ane bingung kaya' geografi sosial. Dalam pikiran saya geografi itu cuman yang fisik-fisik doang, tapi lambat laun akhirnya saya muali tercerahkan (bahasane rek haha) kalau geografi itu gak hanya berbicara tentang yang fisik-fisik (atmosfer, lithosfer, hidrosfer) doang tetapi juga masalah manusia (antroposfer) dan timbal baliknya, pokoknya ingat geosfer gitu aja lah. Geografi bukanlah IPA atau Sosial, tapi geografi di antara keduanya, kalimat tersebutlah yang sering di ucapkan dosen-dosen saya. Sehingga saya sendiri jadi lebih setuju kalo geografi di buat fakultas sendiri seperti di UGM sehingga tidak terlihat IPA atau Sosial. Tapi itulah salah satu yang menyebabkan geografi terlihat keren karena ada unsur IPA, Sosial, bahkan Teknik. Kalian akan main lab layaknya anak IPA, tetapi kalian juga akan mengamati fenomena sosial dan tak lupa main alat-alat seperti kompas geologi, abney lever, infiltrometer, teodolit untuk pengukuran lapangan bak anak teknik. Hal ini lah yang kadang membuat mahasiswa jurusan lain di FIS bingung dan heran "ini anak sosial kok kelakuannya kaya' gini" mungkin itu yang da di benak mereka, Versi Saya haha :v. Kalau lobi FIS sulit untuk jalan, maka mahasiswa geografilah yang paling bertanggung jawab, kenapa? karena itu adalah tempat kaporit anak geo ngerjain tugas, udah gitu bawa peta yang ukurannya gede-gede.
            Nah ini ngomongin hal yang istimewa di geografi yaitu tugas. Jangan anggap geografi itu seperti yang kalian pelajari di SMA yang kebanyakan cuman teori, disini kalian akan banyak praktikum dan tentunya membuat laporan praktikum. Mata kuliah praktikum memang di tiap semester cuman ada 3 atau 4, tapi jangan meremehkan karena laporannya setiap minggu, belum lagi tugas dari mata kuliah yang teori sudah bisa di bayangkan sendiri bagaimana numpuknya tugas anak geo. Bahkan mungkin kalian akan mulai iri dengan teman kalian dari jurusan lain yang punya banyak waktu luang karena tugas kuliah gak sebanyak anak geo, atau mungkin malah teman kalian yang heran dengan tugas-tugas kalian yang begitu numpuk. Sudah menjadi hal yang lumrah kalo setiap semester pasti ada mahasiswa yang menghentikan langkahnya karena mungkin mereka gak siap atau mungkin salah persepsi terhadap geografi sehingga mereka memutuskan untuk berhenti. Maka dari itu mental yang baik sangat di butuhkan untuk masuk ke jurusan ini. Menurut pendapat pribadi saya, bukan kecerdasan atau kepandaian yang utama dibutuhkan di jurusan ini, tetapi mental yang baik, ketelatenan kalian untuk belajar serta manajemen waktu yang baik menjadi faktor yang sangat esensial. Kalian akan sering begadang untuk mengerjakan tugas belum lagi jika kalian kurang bisa mengerjakan atau kurang faham dengan tugas maka sering-seringlah belajar kelompok dengan teman kalian yang kiranya memiliki kemampuan yang lebih, jika tidak maka akan sangat menyusahkan diri sendiri. "Serius"
            Itu tadi part seriusnya, sekarang kembali seperti yang awal hehe. Walaupun banyak tugasnya bukan berarti kalian gak punya waktu buat jalan-jalan, jangan khawatir karena kuliah kalian banyak kok jalan-jalannya haha. Di geografi itu ada mata kuliah KKL (Kuliah Kerja Lapangan). mata kuliah ini adalah sebagai wadah untuk merepresentasikan apa yang kita dapat di bangku kuliah untuk di praktekkan di lapangan. Kalian di sini nanti akan menyusuri sungai, pantai, naik bukit, naik gunung, naik kelas, naik gaji, eeh kagak deng yang dua terakhir tadi hehe. Intinya kita disini mnerapkan teori serta praktikum yang selama ini di dapat saat kita kuliah. Jalan-jalan gak hanya saat KKL aja kok, biasanya saat kita praktikum atau pengukuran kita juga langsung terjun ke lapangan bahkan ke tempat yang mungkin belum pernah kita datangi, dan disitulah saat kalian foto-foto biasanya teman kalian akan bertanya “dimana itu”haha. Di kampus saya untuk KKL anak geo murni biasanya pada semester ganjil sementara untuk anak pendidikan geo pada semester genap. Jika kalian masih kurang dengan jalan-jalannya, tenang saja untuk mata kuliah tertentu pada akhir pertemuan biasanya akan mengadakan KKL mata kuliah, misalnya matkul geologi, geomorfologi, oseanografi, hidrologi, geohidrologi dsb. Maka dari itu biasanya teman kalian yang dari jurusan lain sering ngatain “enak ya kuliah kalian jalan-jalan mulu” haha. Yah jalan-jalan sama tugasnya sebandinglah. Eits jangan lupa habis KKL “WAJIB” bikil LAPORAN haha. Udah dulu, kapan-kapan di sambung lagi ^_^

Posting Komentar

55 Komentar

  1. Haha.... Tulisan loe ngewakili gue banget bro. Kqyak denger kisah sendiri jadinya. Makasih pak de, tulisannya udah mewakili kisah calon-calon geograf khususnya offering H Geografi UM. Semangat buat kita semua!! 🙌

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah itung'' berbagi penderitaan mahasiswa "terlambat" kaya' kita haha.
      semoga menginspirasi hahaha :v

      Hapus
    2. Kak mau nanya
      Saya kan ank ips
      Bisa ngk masuk um prodi geo murni?

      Hapus
  2. Haiii salam kenal
    Saya dari fak. Geografi Murni dari UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) kalo lupa bang 😁
    Sahare pengalaman lg dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jelaskan? Gimana sih geografi murni itu? Susah atau gimana gitu? Jujur aja yaa wkwkwk. Terus prospeknya gimana? Terima kasih

      Hapus
    2. Boleh jelaskan? Gimana sih geografi murni itu? Susah atau gimana gitu? Jujur aja yaa wkwkwk. Terus prospeknya gimana? Terima kasih

      Hapus
  3. Halooo salam kenal saya dari prodi ilmu geografi UNNES angkatan tahun ini (masih semester 1) hihi bener banget awal kuliah rasanya kaget kok tugas bisa sebanyak ini sampe pernah tidur cuma 1jam '-' tp tetep jatuh hati sama geografi kok hihi

    BalasHapus
  4. Masuk di geografi unnes susah nggak ya kak?

    BalasHapus
  5. Eah tulisannya mewakili perasaan yg ada dibenak saya, persis gak buwak blas sam wkwkwk. Sukses lur, salam kenal dari adik tingkatmu off G 2016✋

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk. adik kelasss ampunn gann ��
      untung gak kenal :v

      Hapus
  6. Keren jdi makin mantep pilih geografi :-D

    BalasHapus
  7. Assalamualikum
    Misi kak numpang nanya geografi itu jurusan FMIPA ta?
    Trimah kasih
    Assalamualikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti MTK dan komputer, Geografi bisa masuk ke IPA dan IPS, tapi lebih banyak IPA nya. Jadi, biasanya ditempatkan di FMIPA.

      Hapus
    2. geografi itu sebagian IPS, IPA, dan teknik. di beberapa kampus ada yang masuk di FMIPA, ada juga yang fi FIS. tapi sebenarnya geografi harus berdiri sendiri kaya di UGM dengan fak geo.
      intinya geografi itu ribet wkwk

      Hapus
  8. kalo pgn jd ahli lingkungan apa geografi jurusan yg tepat yah? terus kalo lulus gelarnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk geografi murni S.Si kalau pendidijan geo tentunya S.Pd

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Salam mas, saya mahasiswa geografi ums, yg murni. Btw kepanjangan ums (univ muhammadiyah surakarta)
    Main main juga bolehlaa ke blog saya ada cerita ttg geo jugaa 😄
    Awancyrus.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Kak, dulu SMA-nya MIPA apa IPS?

    Aku kan SMA-nya MIPA, kemarin SNMPTN sudah daftar di jurusan kesehatan semua, tinggal nunggu pengumuman. Tapi aku juga ikut bimbel buat SBMPTN dan aku ambil yg saintek. Tadi ortuku nyuruh aku daftar jurusan geografi, padahal di SMA aku belum pernah sama sekali mengenal pelajaran itu, kalau di SMA ku itu mata pelajaran anak IPS. Nah kalau mau daftar jurusan geografi ini termasuk saintek apa soshum?

    Mohon jawabannya kak

    BalasHapus
  12. Gua baru aja mau msk geo murni, tapi keren kok👍

    BalasHapus
  13. Haha kak aku pndidikan geo di unila(universitas lampung ) sepusing itukah .😭😭😭😭

    BalasHapus
  14. Makin tertarik aja nih, geo'19🙏

    BalasHapus
  15. ka,, tanya dong.. awam banget niih aku -,-
    ka, kalo yang bakal gawe di BMKG itu ngaruh dari jurusan kuliah nggak? apa jurusan geo bisa gawe di BMKG? apa harus geo atau gimana2?

    bantuu yaah,, aku mau mengabdi di BMKG - gracias - hatur muhun <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman sih. pernah nanya ke orang BMKG katanya geografi bisa masuk di BMKG. tapi waitsss, BMKG itu punya sekolah sendiri buat calon pegawainya namanya STMKG. so,, kalo mau masuk BMKG lebih baik kuliah di STMKG aja sluurr

      Hapus
  16. Ada no wa gak kak saya mau tanya lebih lanjut soalnya saya mau kuliah di um juga geografi murni tahun depan tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, aku mau tanya2 sedikit tentang jurusan geografi dong

      Hapus
  17. Ada no wa gak kak saya mau tanya lebih lanjut soalnya saya mau kuliah di um juga geografi murni tahun depan tolong pencerahannya


    Ini wa saya 085781902289

    BalasHapus
  18. Bener bener geografi itu unik
    Bisa masuk ke semua fakultas hahah....
    Kalo belajar referensi bukunya dari berbagai jurusan bahkan fakultas

    BalasHapus
  19. Sy stelah baca artikel ini,lbh kuat keinginan sy u/ mngambil jurusan ini buat anak sy...anak sy MA ipa...maunya kuliah jurusan ya ipa. Kl mnrut sy akan lbh baik dsini, g cm fokus am ipa aj, bhkn lbh luas. Mksh udh mau berbagi penglaman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. good choice. di geografi tidah hanya belajar natural and social phenomena aja. untuk di era sekarang kemampuan komputasi juga include di geografi. web mapping, data science, spatial statistic, itu semua butuh koding. jadi koding juga sedikit diajarkan disini

      gimana mantap kan? wkwkw

      Hapus
  20. Prospek kerjanya nanti bisa jadi kayak apa kak?

    BalasHapus
  21. Mas saya buta warna apakah saya bisa kuliah disini,atau nanti akan mengalani kendala

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh
      maap ya maap. tapi di geografi itu banyak membutuhkan kemampuan visual. mempelajari geologi apalagi remote sensing and GIS. visual ability it's important

      sorryy

      Hapus
  22. Aku sekarang kelas 12 kak, mau masuk um jur geo murni nih, hehe. Aku denger katanya di geo murni nantinya ada 3 peminatan ya? Sosial, fisik dan pariwisata, bisa minta tolong di jelasin ngga kak,terus prospek kerjanya apa, hehe mohon dijawab ya kak makasiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu fokus studimu kalo udah udah masuk semester 5. semester 1-4 kamu mempelajari semuanya.
      kalo prospek ya................
      minat fisik laaahhhh wkwkwk

      Hapus
  23. Jadi pengen masuk geografi. Padal SMK jurusan akuntansi heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. not be worried. temenku ada beberapa yg dari SMK huehue

      Hapus
  24. Assalamu'alaikum kak, setiap praklap itu mengeluarkan biaya?

    BalasHapus
  25. Mnurut ente bang Geografi sama Perencanaan wilayah & kota nyambung ga bang? Krena salah satu minat saya d PWK trus baru Geo :v thanks bang

    BalasHapus
  26. Ehemmm btw pendidikan Geografi UM punya S3 jangan lupa ya (unjuk taring dari anak sebelah) wkwkwk
    Semangat jadi mahasiswa Geografi UM bro, salam dari angkatan 2012 🔥

    BalasHapus
  27. Kak kalok mau lolos snm di jurusan geo UM mata pelajaran yg harus menonjol apa aja (sy anak ips)

    BalasHapus
  28. Halo kak irvan, keren bangeet sekarang udah jadi asdos 😭

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus